Sehari Bersua #1

Jam weker berdering tepat pukul 04:30, adzan shubuh mulai terdengar dari toa tempat ibadah terdekat. seorang gadis bertubuh kecil, dengan rambut panjang sebahu terbangun dari tidurnya. saat Handphone sudah menjadi alat yang canggih untuk membangunkan seseorang dari tidurnya. ia masih sebegitu cintanya dengan jam weker lawas seharga 15000 ribu yang ia beli di toserba langganannya di pasar. matanya mengerjap perlahan, samar-samar melihat sekeliling kamarnya yang masih tampak gelap, karena belum terkena seberkaspun cahaya. tangannya meraba sekitar bantal, mencari jam wekernya yang masih berdering. 
Akhirnya ia duduk di atas ranjang, menahan rambutnya dengan jepit berwarna merah muda. Menyibak selimut bergambar beruang yang juga berwarna merah muda. Ia melangkah menuju dapur, mengambil teko untuk memasak air. Sambil masih mencoba sadar dari tidurnya, ia mengisi air di teko hingga 3/4 menuju penuh. Lalu memanaskannya di atas kompor. Langkahnya berlanjut menuju bilik kamar mandi. Air yang …

KKN (Kisah Kasih Nyata), Mitos atau Fakta ?

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu tugas intra kulikuler yang diberikan kampus atau perguruan tinggi kepada mahasiswa/i sebagai salah satu syarat kelulusan. Program KKN ini biasanya dilaksanakan dengan membagi mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas yang berbeda ke dalam satu kelompok secara acak. Dalam satu kelompok bisa terdiri dari 10 hingga 20 mahasiswa/i. Kemudian diterjunkan ke dalam satu wilayah seperti dusun atau desa, mulai dari wilayah terpencil hingga wilayah perkotaan. Tergantung kepada kebijakan kampus.

Terlepas dari kebutuhan KKN sebagai satu syarat kelulusan dari pendidikan di bangku Universitas, ada banyak mitos yang melingkupi mahasiswa KKN. Mulai dari posko KKN yang horor, atau daerah KKN yang terpencil, Konflik dengan teman seposko hingga yang paling santer dibicarakan generasi milenial 'Cinta Lokasi'. Apakah cinta lokasi dalam KKN hanyalah mitos layaknya kuda bercula, atau air terjun tempat mandi bidadari? ataukah memang benar adanya layaknya larutan lemon lime dalam air bening yang nyegerin?. 

Some people believe, some people not. Mereka yang percaya, mungkin juga mereka adalah yang mengalaminya. Niat hati menyelesaikan tugas negara (red: tugas kuliah), alhasil dapat pendamping hidup juga. Tidak sedikit juga yang mempercayai bahwa Cinta Lokasi di tempat KKN hanyalah mitos belaka. Salah satu alasan terbesarnya ya karena, mereka belum beruntung mendapatkan 'cinta' dari rekan KKN mereka. Satu hal yang perlu diingat adalah, 'Pada dasarnya KKN adalah tugas kuliah, bukan biro jodoh. Jadi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa cinlok di tempat KKN itu mitos, hanya karena kamu belum beruntung.'

Kenyataannya, kita bisa bercermin dari kisah cinta pemilik tahta pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Beliau dan istrinya dipertemukan melalui tugas KKN di wilayah Temanggung. Berjalan bersama mengisi kenangan dari tahun ke tahun hingga berakhir di pelaminan. Berawal dari teman cerita saat KKN, berakhir menjadi teman cerita sepulang kerja, teman cerita dalam membesarkan anak - anak bersama, teman bercerita dan meraih impian. Mulanya bergandengan tangan ke kantor kecamatan, akhirnya bergandengan tangan ke kantor KUA. Menjalani Kisah Kasih Nyata sehidup sejiwa, seiman serumah serumah se se se yang lain lah pokoknya. Kisah selengkapnya... KLIK

Kok bisa ya? padahal katanya cinlok pas KKN itu hanya cinta sesaat, mentang - mentang ketemunya cuma sebulan dua bulan jadi cinta KKN itu hanya sesaat. Well, tidak semua orang yang jatuh cinta saat KKN itu se- childish itu. Iyasih, ketemunya cuma sebulan dua bulan, tapi doi lihat wajah kita pas baru bangun tidur, masih belekan, belum make up an. Doi tahu juga kita bisa masak apa enggak, gimana sih respon kita menghadapi konflik dengan anggota seposko (yang sering disebut sebagai keluarga kesekian), cara kita bergaul dan berbaur dengan masyarakat. Doi melihat wujud kita sebagai anggota keluarga (nb: pendamping hidup adalah anggota keluarga) ketika hidup serumah, bermasyarakat, berkonflik, berbagi suka dan duka, bersama menikmati senampan nasi dengan sayur dan lauk pauk ala kadarnya.

KALAU NAIK GUNUNG YANG SEHARI, DUA HARI ATAU TIGA HARI AJA BISA DIBILANG 'KITA BAKAL TAHU SIFAT SAHABAT KITA', KENAPA KKN YANG SEBULAN, DUA BULAN GAK BISA DIBILANG 'KITA BAKAL TAHU SIFAT PASANGAN KITA'?


Terus gimana dong biar bisa dapet pasangan pas KKN??? ya elu KKN mah KKN aja, soal jodoh, hidup ama rejeki kan udah ada yang ngatur. Bisa jadi jodoh mu datang pas KKN bisa jadi sebelumnya, bisa jadi juga setelahnya, atau bisa jadi jodoh kita bukan di dunia. Karena yang perlu kita tahu tentang mahluk bernama 'cinlok' ini adalah, bahwa setiap orang punya perjalanannya masing - masing dan tidak semua kisah kasih nyata selama KKN berakhir bahagia.

Ada juga yang karena fokus pacaran pas KKN jadi tanggung jawabnya terbengkalai. Ada lagi yang sudah punya pacar ngakunya masih sendirian. Ada lagi spesies, yang kelihatan alim, pendiem, baik, loyal tapi ternyata tebar harapan ke banyak orang. Memilih pasangan dari rekan KKN harus sejeli ngebeli barang yang diskon 200%. Bibit, Bebet, Bobot harus tampak dengan jelas, sebab kita baru ketemu, sebab kita baru kenal, sebab kita tahu dia hanya pas di posko aja. Maka, seandainya kalian jatuh cinta dengan mahluk di posko kalian, pastikan bahwa kalian benar - benar mengenal doi. Ketahui latar belakang doi, keluarganya, teman - temannya, aktifitas sehari - harinya.

Memilih doi sebagai pendamping semester akhir adalah pilihan yang agak riskan jika kita tidak jeli. Hal ini tidak bisa di analogikan dengan pepatah 'bagai mencari jarum dalam tumpukan jerami'. Setidaknya, jarum yang ada di dalam tumpukan jerami hanya memiliki satu bentuk yang kita ketahui secara pasti. Beda dong dengan doi yang kita gak tahu mukanya ada berapa, dihatinya ada siapa saja. Pernyataan ini tidak hanya berlaku bagi jomblowan jomblowati, ini juga bisa jadi indikator investigasi bagi yang punya pasangan tapi KKN beda wilayah.


Eits... tunggu dulu, jangan langsung curigaan sama pasangan. Justru curiga mu terhadap pasangan mu menunjukkan bahwa kamu belum mengenal baik pasangan mu. Ya karena pasangan yang baik tidak akan melukai hati pasangannya. Jadi seandainya, ternyata, kamu sudah merasa mengenal pasangan mu dengan baik, tapi ternyata dia menghianati mu, melukai mu, mengecewakan mu ya berarti dia bukan pasangan yang baik. Pesannya, seandainya kamu dilukai, disakiti atau dikecewakan oleh siapapun itu, jangan lupa untuk intropeksi diri juga. Bisa jadi luka yang saat ini menganga, juga berasal dari diri kita sendiri. 

Sedih kadang, saat melihat ada pasangan bahagia yang kebetulan si A baru putus dari pacarnya terus jadian sama temen KKN nya. Selingkuh ya, ihh dasar A dasar B dasar C. Sedekat apapun kita sama seseorang kita gak akan pernah tahu isi hatinya. Gak selama 24 jam juga kita tahu apa yang terjadi sama dia. Oleh karena itu yang berhak menghakimi seseorang atas kisah hidupnya, atas perjalanan hidupnya, adalah Tuhan. Kita gak pernah tahu apa yang terjadi dengan si A dan mantannya, kenapa mereka putus dan lain sebagainya, bisa jadi karena banyak hal dan kebetulan momentum putusnya pas KKN. Kita juga gak pernah tahu juga apa yang terjadi antara A dan pacar barunya bisa saja dia akhirnya menemukan penyembuh luka, pelipur lara, lembaran baru hidupnya, atau apapun itu. 

SUDAHKAH KITA MENJADI PENDENGAR YANG BAIK, JAUH SEBELUM KITA JADI KOMENTATOR HIDUP YANG HANDAL. HIDUP MU SAJA MASIH BERGANTUNG SAMA TUHAN KOK SEENAKNYA NGATAIN HIDUP ORANG.


Intinya, jangan mudah menjustifikasi apa yang terjadi dengan hidup orang, apalagi perihal hati. Sebab seringnya, kita saja tidak mengerti isi hati kita sendiri. Terserah cinlok pas KKN itu mitos atau fakta, adalah kehendak Tuhan untuk mempertemukan mu dengan doi di waktu dan tempat yang tepat. Percayalah, bahwa secemerlang apapun resolusi mu tahun ini, rencana Tuhan masih jadi yang terbaik untuk hidupmu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berenang bersama warga Jogjakarta asli di kolam renang Umbang Tirta

Falling in Love with Wira Setianagara