Sehari Bersua #1

Jam weker berdering tepat pukul 04:30, adzan shubuh mulai terdengar dari toa tempat ibadah terdekat. seorang gadis bertubuh kecil, dengan rambut panjang sebahu terbangun dari tidurnya. saat Handphone sudah menjadi alat yang canggih untuk membangunkan seseorang dari tidurnya. ia masih sebegitu cintanya dengan jam weker lawas seharga 15000 ribu yang ia beli di toserba langganannya di pasar. matanya mengerjap perlahan, samar-samar melihat sekeliling kamarnya yang masih tampak gelap, karena belum terkena seberkaspun cahaya. tangannya meraba sekitar bantal, mencari jam wekernya yang masih berdering. 
Akhirnya ia duduk di atas ranjang, menahan rambutnya dengan jepit berwarna merah muda. Menyibak selimut bergambar beruang yang juga berwarna merah muda. Ia melangkah menuju dapur, mengambil teko untuk memasak air. Sambil masih mencoba sadar dari tidurnya, ia mengisi air di teko hingga 3/4 menuju penuh. Lalu memanaskannya di atas kompor. Langkahnya berlanjut menuju bilik kamar mandi. Air yang …

tugas ICT



A.    FUNGSI STATISTIK
a.       SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range.
Text Box: =SUM(kolom1;kolom2;......Format penulisan:



b.      SUMIF
Fungsi SUMIF didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan.
Text Box: =SUMIF(kolom1;kolom2,kolom3,kolom4;kolom5Format penulisan:



c.       COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk mengetahui berapa jumlah angka/nilai.
Text Box: =COUNT(kolom1;kolom2;kolom3;......Format penulisan:  


d.      COUNTIF
Fungsi COUNTIF guna mengetahui berapa jumlah data dengan kriteria tertentu.
Text Box: =COUNTIF(kolom1:kolom2;6)Format penulisan:


e.       AND dan OR
Sering digunakan untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai kolom apakah TRUE atau False.
Text Box: =AND(kolom1,kolom2,kolom3,....)
=OR(kolom1,kolom2,klom3,.....)
Format penulisan:



Kedua fungsi tersebutmemiliki cara pemberian parameter yang sama. Perbedaannya terletak pada nilai yang akan diberikan. Fungsi AND hanya akan memberi nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai bernilai TRUE. Sementara OR hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai bernilai FALSE. Dengan kata lain AND akan memberikan nilai FALSE jika salah satu ada yang FALSE sementara OR akan memberikan TRUE jika salah satu nilai bernilai TRUE.
f.       MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kolom.
Text Box: =MAX(kolom1:kolom2:.....)Format penulisan:

g.      MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu kolom.
Text Box: =MIN(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


h.      AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada suatu kolom.
Text Box: =AVERAGE(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


i.        IF
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan dua kondisi, yaitu kondisi benar dan salah.
Text Box: =IF(logical_test;value_if_true;value_if_falseFormat penulisan:


j.        VLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk vertikal.
Text Box: =vlookup(lookup_value;tabbel_array;col_index_num;range_lookup)Format penulisan:



k.      HLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk horizontal.
Text Box: =HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num;range_lookup)Format penulisan:



l.        Sel Absolut
Ialah sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci, sehingga alamat sel tidak mengalami perubahan ketika dilakukan copy rumus. Untuk membuat sel absolut pada sel yang akan dibuat absolut bubuhkan tanda “$” di depan kolom dan baris.

m.    Grafik
Sebelum membuat grafik sediakan dulu data sumbernya. Tandai tabel terlebih dahulu kemudian pada pilihan insert pilih tipe grafik yang diingankan. Untuk keterangan lainnya tambahkan pada menu layout.  


A.    FUNGSI STATISTIK
a.       SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range.
Text Box: =SUM(kolom1;kolom2;......Format penulisan:



b.      SUMIF
Fungsi SUMIF didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan.
Text Box: =SUMIF(kolom1;kolom2,kolom3,kolom4;kolom5Format penulisan:



c.       COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk mengetahui berapa jumlah angka/nilai.
Text Box: =COUNT(kolom1;kolom2;kolom3;......Format penulisan:  


d.      COUNTIF
Fungsi COUNTIF guna mengetahui berapa jumlah data dengan kriteria tertentu.
Text Box: =COUNTIF(kolom1:kolom2;6)Format penulisan:


e.       AND dan OR
Sering digunakan untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai kolom apakah TRUE atau False.
Text Box: =AND(kolom1,kolom2,kolom3,....)
=OR(kolom1,kolom2,klom3,.....)
Format penulisan:



Kedua fungsi tersebutmemiliki cara pemberian parameter yang sama. Perbedaannya terletak pada nilai yang akan diberikan. Fungsi AND hanya akan memberi nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai bernilai TRUE. Sementara OR hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai bernilai FALSE. Dengan kata lain AND akan memberikan nilai FALSE jika salah satu ada yang FALSE sementara OR akan memberikan TRUE jika salah satu nilai bernilai TRUE.
f.       MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kolom.
Text Box: =MAX(kolom1:kolom2:.....)Format penulisan:

g.      MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu kolom.
Text Box: =MIN(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


h.      AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada suatu kolom.
Text Box: =AVERAGE(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


i.        IF
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan dua kondisi, yaitu kondisi benar dan salah.
Text Box: =IF(logical_test;value_if_true;value_if_falseFormat penulisan:


j.        VLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk vertikal.
Text Box: =vlookup(lookup_value;tabbel_array;col_index_num;range_lookup)Format penulisan:



k.      HLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk horizontal.
Text Box: =HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num;range_lookup)Format penulisan:



l.        Sel Absolut
Ialah sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci, sehingga alamat sel tidak mengalami perubahan ketika dilakukan copy rumus. Untuk membuat sel absolut pada sel yang akan dibuat absolut bubuhkan tanda “$” di depan kolom dan baris.

m.    Grafik
Sebelum membuat grafik sediakan dulu data sumbernya. Tandai tabel terlebih dahulu kemudian pada pilihan insert pilih tipe grafik yang diingankan. Untuk keterangan lainnya tambahkan pada menu layout.  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KKN (Kisah Kasih Nyata), Mitos atau Fakta ?

Berenang bersama warga Jogjakarta asli di kolam renang Umbang Tirta

Falling in Love with Wira Setianagara