Hitam dan Tercemar

  ' Like living in the dream.' Kabut menyelimuti langit pukul 05.30 pagi. Benda tak padat, yang tak bisa digenggam itu menelisik anggun di antara pepohonan, membuat beberapa dahan ketutupan. Seperti di dalam lukisan, kabut itu turun dari langit, ke sela sela pohon, hingga berbaur dengan orang-orang di atas tanah. Kabut datang bersama hawa dingin yang mengungkung sekujur tubuh. Seolah es yang membekukan kulit bagian luar, mendekap kuat tapi tak menghangatkan. Meski dingin menerjang, udara pagi di pegunungan tetap menawan paru paru yang penuh kepulan asap kendaraan dan tembakau bakar. Katlya duduk di pembatas jalan, merapatkan jaket yang dikenakan. Hidungnya memerah dan berlendir, pipinya dingin tapi kenyal seperti kue mochi di dalam freezer. Ia menggosokkan telapak tangannya mencari kehangatan. Seperti naga kehilangan daya, nafasnya menyemburkan asap tanpa api. "Kenapa mbak motornya? Mogok?," seorang pria paruh baya dengan celana pendek dan celurit menghampiri Katlya.

tugas ICT



A.    FUNGSI STATISTIK
a.       SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range.
Text Box: =SUM(kolom1;kolom2;......Format penulisan:



b.      SUMIF
Fungsi SUMIF didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan.
Text Box: =SUMIF(kolom1;kolom2,kolom3,kolom4;kolom5Format penulisan:



c.       COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk mengetahui berapa jumlah angka/nilai.
Text Box: =COUNT(kolom1;kolom2;kolom3;......Format penulisan:  


d.      COUNTIF
Fungsi COUNTIF guna mengetahui berapa jumlah data dengan kriteria tertentu.
Text Box: =COUNTIF(kolom1:kolom2;6)Format penulisan:


e.       AND dan OR
Sering digunakan untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai kolom apakah TRUE atau False.
Text Box: =AND(kolom1,kolom2,kolom3,....)
=OR(kolom1,kolom2,klom3,.....)
Format penulisan:



Kedua fungsi tersebutmemiliki cara pemberian parameter yang sama. Perbedaannya terletak pada nilai yang akan diberikan. Fungsi AND hanya akan memberi nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai bernilai TRUE. Sementara OR hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai bernilai FALSE. Dengan kata lain AND akan memberikan nilai FALSE jika salah satu ada yang FALSE sementara OR akan memberikan TRUE jika salah satu nilai bernilai TRUE.
f.       MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kolom.
Text Box: =MAX(kolom1:kolom2:.....)Format penulisan:

g.      MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu kolom.
Text Box: =MIN(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


h.      AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada suatu kolom.
Text Box: =AVERAGE(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


i.        IF
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan dua kondisi, yaitu kondisi benar dan salah.
Text Box: =IF(logical_test;value_if_true;value_if_falseFormat penulisan:


j.        VLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk vertikal.
Text Box: =vlookup(lookup_value;tabbel_array;col_index_num;range_lookup)Format penulisan:



k.      HLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk horizontal.
Text Box: =HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num;range_lookup)Format penulisan:



l.        Sel Absolut
Ialah sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci, sehingga alamat sel tidak mengalami perubahan ketika dilakukan copy rumus. Untuk membuat sel absolut pada sel yang akan dibuat absolut bubuhkan tanda “$” di depan kolom dan baris.

m.    Grafik
Sebelum membuat grafik sediakan dulu data sumbernya. Tandai tabel terlebih dahulu kemudian pada pilihan insert pilih tipe grafik yang diingankan. Untuk keterangan lainnya tambahkan pada menu layout.  


A.    FUNGSI STATISTIK
a.       SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range.
Text Box: =SUM(kolom1;kolom2;......Format penulisan:



b.      SUMIF
Fungsi SUMIF didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan.
Text Box: =SUMIF(kolom1;kolom2,kolom3,kolom4;kolom5Format penulisan:



c.       COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk mengetahui berapa jumlah angka/nilai.
Text Box: =COUNT(kolom1;kolom2;kolom3;......Format penulisan:  


d.      COUNTIF
Fungsi COUNTIF guna mengetahui berapa jumlah data dengan kriteria tertentu.
Text Box: =COUNTIF(kolom1:kolom2;6)Format penulisan:


e.       AND dan OR
Sering digunakan untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai kolom apakah TRUE atau False.
Text Box: =AND(kolom1,kolom2,kolom3,....)
=OR(kolom1,kolom2,klom3,.....)
Format penulisan:



Kedua fungsi tersebutmemiliki cara pemberian parameter yang sama. Perbedaannya terletak pada nilai yang akan diberikan. Fungsi AND hanya akan memberi nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai bernilai TRUE. Sementara OR hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai bernilai FALSE. Dengan kata lain AND akan memberikan nilai FALSE jika salah satu ada yang FALSE sementara OR akan memberikan TRUE jika salah satu nilai bernilai TRUE.
f.       MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kolom.
Text Box: =MAX(kolom1:kolom2:.....)Format penulisan:

g.      MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu kolom.
Text Box: =MIN(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


h.      AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada suatu kolom.
Text Box: =AVERAGE(kolom1:kolom2:....)Format penulisan:


i.        IF
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan dua kondisi, yaitu kondisi benar dan salah.
Text Box: =IF(logical_test;value_if_true;value_if_falseFormat penulisan:


j.        VLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk vertikal.
Text Box: =vlookup(lookup_value;tabbel_array;col_index_num;range_lookup)Format penulisan:



k.      HLOOKUP
Berguna mengambil data tabel dengan bentuk horizontal.
Text Box: =HLOOKUP(lookup_value;tabel_array;row_index_num;range_lookup)Format penulisan:



l.        Sel Absolut
Ialah sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci, sehingga alamat sel tidak mengalami perubahan ketika dilakukan copy rumus. Untuk membuat sel absolut pada sel yang akan dibuat absolut bubuhkan tanda “$” di depan kolom dan baris.

m.    Grafik
Sebelum membuat grafik sediakan dulu data sumbernya. Tandai tabel terlebih dahulu kemudian pada pilihan insert pilih tipe grafik yang diingankan. Untuk keterangan lainnya tambahkan pada menu layout.  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGEN DISAYANG TAPI OGAH PACARAN

Corona dan Manusia

Sebuah Skenario Kematian